Langsung ke konten utama

Prak 13 - Rancangan Judul TA vs Judul TA sejenis





  1. Tujuan
    Mengetahui permasalahan yang ada disekitar ( emphetize ), permasalahan utama ( define ) dan solusi ( ideate ).
  2. Alat
    • Personal PC
    • Buku
    • Handphone
  3. Bahan
    Permasalahan yang ada disekitar lingkungan.
  4. Dasar Teori
Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu. Design thinking sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari tahapan desain adalah tingkatan dalam membuat suatu rancangan.
Dalam prosesnya, ada 5 langkah design thinking yaitu emphatize,define,ideate,prototype, dan test. Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.
1.      Emphetize
Dengan berempati berati kita sudah bisa menempatkan posisi diri kita pada orang lain. artinya kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. dan memahami kehidupan mereka life style mereka. kadang dengan berempati bisa menjadi sumber wawasan yang bagus untuk bisnis. Pada tahap ini kita bisa membuat sebuah profil yang menujukkan karakter dari pelanggan. Target pelanggan yang didefinisikan dengan sangat jelas akan memudahkan kita untuk tahapan selanjutnya dalam mencari tahu masalah utama mereka dan apa saja yang sering digunakan.
2.      Define
Langkah berikutnya adalah mendefinisikan masalah paling besar dan utama dari target pelanggan. Hal penting dalam proses ini jangan terburu-buru mencari solusi, cukup pikirkan apa masalah dan kebutuhan utamanya. jangan terlalu banyak mengidentifikasi masalah artinya fokus pada masalah utama jangan merambat ke masalah masalah disekitarnya.
3.      Ideate
Pada tahap ini kita mulai mengembangkan ide dan mengujinya. Kita dituntut untuk mengedepankan cara berfikir kreatif untuk menciptakan berbagai macam pilihan dan kovergen untuk memilih pilihan yang tepat.

  1. Tugas Praktikum
    Mencari 3 judul TA yang sejenis dengan rancangan judul TA yang akan dibuat.
  2. Hasil Praktikum  
·         Emphetize:
Kenyamanan tetangga yang terganggu akibat bau menyengat dari kandang peternak sapi,biaya gas yang semakin mahal memberatkan para ibu rumah tangga,kebersihan kandang yang kurang dijaga oleh para peternak sapi.
·         Define:
Para tetangga dari peternak sapi yang menginginkan kenyamanan di sekitarnya, para ibu rumah tangga yang membutuhkan gas untuk memasak yang terjangkau karena semakin mahalnya harga gas,para peternak yang membutuhkan inovasi dalam pembersihan kandang karena keterbatasan waktu dan tenaga utnutk perawatan kandang dan pengolahan kotoran sapi.
·         Ideate:
Membuat alat penyemprot otomatis yang diberi sensor pada bagian kandang agar ketika kotoran sapi yang sudah menumpuk dapat langsung disiram oleh alat tersebut.Kemudian kotoran yang sudah tersiram akan mengalir melalui pipa yang telah dihubungkan seperti aliran yang akan bermuara di alat biogas yang pada akhirnya akan mengolah kotoran sapi menjadi biogas.
RANCANG JUDUL TA :  SMART KANDANG.
JUDUL TA SEJENIS :
·         Pembuatan video eksplainer tumbuh kembang anak usia 0-12 tahun
 
·         Pengaturan suhu pada biodigester untuk meningkatkan produktifitas biogas
 
·         Rancang bangun alat pembersih kacang hijau sebagai bahan dasar pembuatan kecambah dengan kontrol PID
 
  1. Kesimpulan
    Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah.Design thinking biasanya dipakai sebagai dasar dalam sebuah pembuatan Tugas Akhir. Didalam TA sendiri memiliki tahapan yang sama dengan design thinking yaitu emphatize,define,ideate,prototype, dan test. Terdapat berbagai macam TA lain yang dapat dijadikan referensi dalam pembuatan Tugas Akhir.
  2. Referensi
    http://idasofia-belajarbersama.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-prototype.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi 3D Sebuah Logo

Tujuan Membuat Animasi 3D dari Sebuah Logo Alat dan Bahan Personal PC Software Animasi 3D Logo TransVision Dasar Teori Pengertian Animasi Animasi diambil dari bahasa latin, “anima” yang artinya jiwa, hidup, nyawa, dan semangat. Animasi adalah gambar 2 dimensi yang seolah-olah bergerak, karena kemampuan otak untuk selalu menyimpan/mengingat gambar sebelumnya (The Making of Animation, 2004). Animasi merupakan serangkaian gambar gerak cepat yang countine atau terus-menerus yang memiliki hubungan satu dengan lainnya. Animasi yang awalnya hanya beruapa rangkaian dari potongan-potongan gambar yang digerakkan sehingga terlihat hidup (Adinda & Adjie, 2011). Animasi dijelaskan sebagai seni dasar dalam mempelajari gerak suatu objek, gerakan merupakan pondasi utama agar suatu karakter terlihat nyata. Gerakan memiliki hubungan yang erat dalam pengaturan waktu dalam animasi (Maestri & Adindha, 2006).  Animasi dapat disimpulkan dari pengertian-pengertian yang sudah d
Belajar Desain Yookk!!! Moshi-Moshi!! Holla! Ntar lagi kan udah mau Ujian Kenaikan Kelas nih, pastinya nanti abis UKK ada Class Meeting. Nah ini dia nih contoh-contoh design yang mungkin bakal kamu butuhin buat acara classmeeting di sekolahmu. Mungkin lain kali aku bakalan berbagi info mengenai cara membuat design yang cukup menarik. Walaupun aku juga belum jago- jago amat. (Contoh design ID card) (Contoh design kupon Jalan Sehat) (Contoh design Stiker) Gimana, ane ngebantu gk nih? Belajar design bareng yookkk !!! :)