- Tujuan
Mengenal tentang kurikulum yang
ada di Multimedia Broadcasting (MMB).
- Alat
- Personal PC
- Buku
- Handphone
- Bahan
Kurikulum yang ada di MMB. - Dasar Teori
Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat
memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian
tertentu. Design thinking sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama
halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan
layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam
operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi
yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi,
“ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa
saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
Menurut KBBI arti tahapan adalah
tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan.
Sehingga pengertian dari tahapan desain adalah tingkatan dalam membuat suatu
rancangan.
Dalam prosesnya, ada 5 langkah
design thinking yaitu emphatize,define,ideate,prototype, dan test. Semua
ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center
approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.
1. Emphetize
Dengan berempati berati kita sudah bisa menempatkan
posisi diri kita pada orang lain. artinya kita bisa merasakan apa yang
dirasakan orang lain. dan memahami kehidupan mereka life style mereka. kadang
dengan berempati bisa menjadi sumber wawasan yang bagus untuk bisnis. Pada
tahap ini kita bisa membuat sebuah profil yang menujukkan karakter dari pelanggan.
Target pelanggan yang didefinisikan dengan sangat jelas akan memudahkan kita
untuk tahapan selanjutnya dalam mencari tahu masalah utama mereka dan apa saja
yang sering digunakan.
2. Define
Langkah berikutnya adalah mendefinisikan masalah paling
besar dan utama dari target pelanggan. Hal penting dalam proses ini jangan
terburu-buru mencari solusi, cukup pikirkan apa masalah dan kebutuhan utamanya.
jangan terlalu banyak mengidentifikasi masalah artinya fokus pada masalah utama
jangan merambat ke masalah masalah disekitarnya.
3. Ideate
Pada tahap ini kita mulai mengembangkan ide dan mengujinya. Kita dituntut untuk mengedepankan cara berfikir kreatif untuk menciptakan berbagai macam pilihan dan kovergen untuk memilih pilihan yang tepat.
Pada tahap ini kita mulai mengembangkan ide dan mengujinya. Kita dituntut untuk mengedepankan cara berfikir kreatif untuk menciptakan berbagai macam pilihan dan kovergen untuk memilih pilihan yang tepat.
4. Prototype
Yaitu
dengan mengaplikasikan ide kedalam bentuk fisik yang bisa dilihat dan di uji.
Prototyping ini tidak melulu harus dalam bentuk fisik yang sempurna dan mahal.
Bisa dimulai dengan menggunakan sketsa atau gambaran kasar hingga menjadi model
yang lebih konkret. Dan yang terpenting prototyping ini harus bisa dicoba oleh
calon pengguna akhir.
5. Test
Tahapan terakhir adalah dengan menguji
hasil prototype yang telah dibuat dan mengevaluasinya apakah masih ada masalah
atau kekurangan yang dinilai sangat mengganggu. Pastikan juga produk tersebut
sudah sesuai dengan solusi yang diharapkan dan bisa menjawab kebutuhan pengguna
atau tidak. tidak perlu menambahkan fitur lain terlebih dahulu sebelum fitur
utama belum terselesaikan.
5. Petunjuk Praktikum
Kerjakan berkelompok
Dikerjakan di jam teori dan
praktikum
Menyiapkan PPT untuk
presentasi dikelas teori
Setiap sesi praktikum, ditutup
dengan laporan praktikum
6.
6. Tugas Praktikum
Merangkum penjelasan tentang kurikulum yang ada di MMB.
- Hasil Praktikum
Pada dasarnya kurikulum yang ada di MMB sama, hanya saja terdapat perubahan. Seperti tahun 2017 ini berbeda dengan
tahun sebelumnya, yaitu pada semester 1 sudah mendapatkan mata kuliah
pemrograman, sedangkan di tahun 2017 mahasiswa belum mendapatkan
pemrograman. Selain itu,sebenarnya mata kuliah seperti kemampuan
berkomunikasi, literasi komputer bukanlah pokok dari jurusan MMB, mata kuliah itu sebagai
penunjang. Hanya saja juga diperlukan, sebab berguna di dunia pekerjaan.
Untuk literasi komputer kita bisa
membuat daftar isi secara otomatis, mengaplikasikan animasi memberikannya
effect-effect tertentu, mengaplikasikan softwere dan lain-lain. Sedangkan
kemampuan berkomunikasi juga bermanfaat untuk public speaking saat terjun di
dunia kerja. Melatih bagaimana berpresentasi yang baik dan juga mendapatkan
ilmu tentang berkomunikasi yang baik. Pada intinya, kurikulum yang ada di MMB
dari tahun ke tahun sama. Letak perubahan hanya beberapa mata kuliah pada tiap
semester nya. Lebih mudahnya dikenal dengan istilah rolling. Misal
ditahun sebelumnya perograman ada di semester 1, di tahun 2017 semester 1 belum
ada pemrograman.
- Kesimpulan
Pada intinya, kurikulum yang ada di MMB dari tahun ke tahun sama. Letak perubahan hanya beberapa mata kuliah pada tiap semester nya. Lebih mudahnya dikenal dengan istilah rolling. Misal ditahun sebelumnya perograman ada di semester 1, di tahun 2017 semester 1 belum ada pemrograman.
9. Referensi
Komentar Pak Hasbi
Komentar
Posting Komentar