Langsung ke konten utama

Prak-07 Using Design Thinking to Propose an Idea




1.            Tujuan
Memahami kegunaan Design Thinking untuk membuat sebuah ide baru.
2.            Alat
Personal PC
Buku
Bulpoint
Handphone
3.            Bahan
Komunitas Desain Grafis di jurusan MMB dan Game teknologi  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
4.            Dasar Teori
 Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu. Design thinking sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016).
Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenjang. Sedangkan arti desain adalah kerangka bentuk, rancangan. Sehingga pengertian dari tahapan desain adalah tingkatan dalam membuat suatu rancangan.
Dalam prosesnya, ada 5 langkah design thinking yaitu emphatize,define,ideate,prototype, dan test. Semua ini menjelaskan bahwa design thinking pada dasarnya mengedepankan human center approach yang mana proses berpikir berfokus pada manusianya sendiri.
1.  Empathize
Dengan berempati berati kita sudah bisa menempatkan posisi diri kita pada orang lain. artinya kita bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. dan memahami kehidupan mereka life style mereka. kadang dengan berempati bisa menjadi sumber wawasan yang bagus untuk bisnis. Pada tahap ini kita bisa membuat sebuah profil yang menujukkan karakter dari pelanggan. Target pelanggan yang didefinisikan dengan sangat jelas akan memudahkan kita untuk tahapan selanjutnya dalam mencari tahu masalah utama mereka dan apa saja yang sering digunakan.
2.  Define
Langkah berikutnya adalah mendefinisikan masalah paling besar dan utama dari target pelanggan. Hal penting dalam proses ini jangan terburu-buru mencari solusi, cukup pikirkan apa masalah dan kebutuhan utamanya. jangan terlalu banyak mengidentifikasi masalah artinya fokus pada masalah utama jangan merambat ke masalah masalah disekitarnya.
3.  Ideate
Pada tahap ini kita mulai mengembangkan ide dan mengujinya. Kita dituntut untuk mengedepankan cara berfikir kreatif untuk menciptakan berbagai macam pilihan dan kovergen untuk memilih pilihan yang tepat.
5.            Tugas Praktikum
·                             Mencari komunitas yang ada di jurusan MMB
·                             Menemukan permasalahan yang ada di dalam komunitas tersebut
·                             Menemukan ide untuk mengatasi hal tersebut
6.            Hasil Praktikum
Empathize
·         Target User
- Anggota komunitas Desain grafis " Desgraf " di MMK
·         Metode
- Interview Putra adi wardana 2-Game teknologi selaku ketua komunitas Desgraf tahun 2017.
 Hasil interview
Komunitas Desgraf merupakan komunitas yang menaungi mahasiswa MMK yang tertarik atau berminat dalam bidang desain serta mempunyai satu tujuan yang sama. Kebanyakan mahasiswa yang bergabung dalam desgraf ingin mengembangkan diri dalam bidang desain di luar perkuliahan dan menambah portofolio serta menambah relasi atau hubungan antar sesama. Selama ini desgraf terus mengalami perkembangan seperti pada keanggotaan yang tiap tahun selalu meningkat,kejelasan jadwal kegiatan, rundown materi serta portofolio yang meningkat. Materi desgraf sendiri mengarah pada desain grafis semacam ilusrator yang lebih mengarah ke desain UX, logo, poster, maupun banner karena jumlah anggota yang tiap tahun meningkat akhirnya terdapat penambahan materi berupa lattering, sket maupun gambar manual dan merambah ke 3D. Fasilitas yang dibutuhkan di desgraf telah tersedia di lab sesuai dengan timeline tetapi untuk fasilitas timeline tambahan seperti pen drawing dan hand lattering diharuskan membawa sendiri karena belum tersedia. Menurut ketua dari Desgraf fasilitas sekarang ini kurang memenuhi terutama untuk fasilitas digital seperti pen tablet. Selain itu keteraturan materi dan jadwal kumpul harian terkadang tidak sesuai.
Define
Komunitas Desgraf MMK membutuhkan: 
1. Pen Tablet.
Pen tablet adalah salah satu alat penting yang selalu digunakan dalam komunitas DesGraf. 
2. Kurangnya mentor yang ahli dalam bidang desain grafis.
karena hal tersebut target untuk ilmu dan karya yang akan dihasilkan kurang maksimal. 
3.Kurangnya perhatian dari para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut mengenai kumpul rutin.
Ideate
Solusi yang kami tawarkan untuk permasalahan dalam komunitas DesGraf adalah:
1. Membuat sebuah aplikasi Pen Tablet Virtual yang dapat diakses lewat handphone masing-masing mahasiswa. Aplikasi yang kami maksud sudah tersedia di layanan play store dengan nama VirtualTablet Lite (S-Pen). 
2.  Pembelajaran dari situs: teksnologi.com
3. Membuat sebuah applikasi dimana para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut bisa mengecek daftar hadir mereka disana. Kemudian, dibuatlah sebuah peraturan mengikat dimana jika absen para mahasiswa yang ada dalam komunitas tidak memenuhi maka mahasiswa tersebut akan mendapat konsekuensi. Untuk berapa banyak absen serta konsekuensi adalah hak para mahasiswa komunitas untuk memutuskan. Untuk membuat sebuah applikasi yang tidak membutuhkan coding dan mudah cara membuatya bisa dibuat melalui situs: iBuildapp.com
7.            Kesimpulan 
·         Komunitas Desgraf MMK membutuhkan: 
1. Pen Tablet.
Pen tablet adalah salah satu alat penting yang selalu digunakan dalam komunitas Desgraf. 
2. Kurangnya mentor yang ahli dalam bidang desain grafis.
karena hal tersebut target untuk ilmu dan karya yang akan dihasilkan kurang maksimal. 
3.Kurangnya perhatian dari para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut mengenai kumpul rutin.
·         Solusi yang kami tawarkan untuk permasalahan dalam komunitas Desgraf adalah:
1. Membuat sebuah aplikasi Pen Tablet Virtual yang dapat diakses lewat handphone masing-masing mahasiswa. Aplikasi yang kami maksud sudah tersedia di layanan play store dengan nama VirtualTablet Lite (S-Pen). 
2.  Pembelajaran dari situs: teksnologi.com
3. Membuat sebuah applikasi dimana para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas tersebut bisa mengecek daftar hadir mereka disana. Kemudian, dibuatlah sebuah peraturan mengikat dimana jika absen para mahasiswa yang ada dalam komunitas tidak memenuhi maka mahasiswa tersebut akan mendapat konsekuensi. Untuk berapa banyak absen serta konsekuensi adalah hak para mahasiswa komunitas untuk memutuskan. Untuk membuat sebuah applikasi yang tidak membutuhkan coding dan mudah cara membuatya bisa dibuat melalui situs: iBuildapp.com
8.            Referensi
·                             20 Okt 2017, https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sunnysidesoft.VirtualTablet


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi 3D Sebuah Logo

Tujuan Membuat Animasi 3D dari Sebuah Logo Alat dan Bahan Personal PC Software Animasi 3D Logo TransVision Dasar Teori Pengertian Animasi Animasi diambil dari bahasa latin, “anima” yang artinya jiwa, hidup, nyawa, dan semangat. Animasi adalah gambar 2 dimensi yang seolah-olah bergerak, karena kemampuan otak untuk selalu menyimpan/mengingat gambar sebelumnya (The Making of Animation, 2004). Animasi merupakan serangkaian gambar gerak cepat yang countine atau terus-menerus yang memiliki hubungan satu dengan lainnya. Animasi yang awalnya hanya beruapa rangkaian dari potongan-potongan gambar yang digerakkan sehingga terlihat hidup (Adinda & Adjie, 2011). Animasi dijelaskan sebagai seni dasar dalam mempelajari gerak suatu objek, gerakan merupakan pondasi utama agar suatu karakter terlihat nyata. Gerakan memiliki hubungan yang erat dalam pengaturan waktu dalam animasi (Maestri & Adindha, 2006).  Animasi dapat disimpulkan dari pengertian-pengertian yang sudah d
Belajar Desain Yookk!!! Moshi-Moshi!! Holla! Ntar lagi kan udah mau Ujian Kenaikan Kelas nih, pastinya nanti abis UKK ada Class Meeting. Nah ini dia nih contoh-contoh design yang mungkin bakal kamu butuhin buat acara classmeeting di sekolahmu. Mungkin lain kali aku bakalan berbagi info mengenai cara membuat design yang cukup menarik. Walaupun aku juga belum jago- jago amat. (Contoh design ID card) (Contoh design kupon Jalan Sehat) (Contoh design Stiker) Gimana, ane ngebantu gk nih? Belajar design bareng yookkk !!! :)

Prak 13 - Rancangan Judul TA vs Judul TA sejenis

Tujuan Mengetahui permasalahan yang ada disekitar ( emphetize ), permasalahan utama ( define ) dan solusi ( ideate ). Alat Personal PC Buku Handphone Bahan Permasalahan yang ada disekitar lingkungan. Dasar Teori Design Thinking adalah proses menciptakan ide-ide baru dan inovatif yang dapat memecahkan masalah. Hal ini tidak terbatas pada industri atau bidang keahlian tertentu. Design thinking sangat berguna dalam kaitannya dengan teknologi, sama halnya dengan servis dan produk. Kehadirannya dapat menciptakan produk dan layanan baru bagi pelanggan, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam operasi internal. “Secara garis besar, design thinking adalah metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dari disiplin ilmu untuk memperoleh sebuah solusi, “ungkap Vice President of Technology Product Go-jek Alamanda Shantika Santosa saat the next Dev 2016 #UntukSurabaya di kampus ITS, Selasa, (2/8/2016). Menurut KBBI arti tahapan adalah tingkat atau jenj